Sunday, December 03, 2006

Kartu Nama

Tahukah anda bahwa benda bernama 'kartu nama' merupakan benda ajaib yang memiliki pengaruh cukup nyata dalam pergaulan bisnis? Makanya nggak heran kalau para pebisnis selalu membekali dirinya dengan kartu nama. Tapi sayangnya banyak orang yang segan untuk mulai memberikan kartu nama pada orang-orang yang baru dikenalnya. Anda baru memberikan kartu nama jika diminta atau jika orang itu memberikan kartu nama terlebih dahulu.

Umumnya orang ogah memberi kartu nama karena khawatir dikira sombong, merasa lawan bicara tidak membutuhkan atau bisa juga takut dianggap sok ngetop, dan masih banyak lagi alasan lainnya. Padahal, ternyata di Amerika seorang pebisnis ulung biasa bertukar kartu nama sebanyak 50 lembar setiap minggunya, hebat kan…?

Kenapa anda nggak mencontoh para pebisnis ulung tersebut...? Jangan merasa nggak pantas melakukannya. Anggapan dan pola pikir bahwa bertukar kartu nama hanya kebiasaan pebisnis yang sudah sukses rasanya harus segera diubah. Karena justru bertukar kartu nama sangat penting dilakukan bagi anda para pemula bisnis. Makanya jangan ragu-ragu untuk memberikan kartu nama pada setiap orang yang baru anda kenal dalam pertemuan bisnis. Tapi ingat, jangan cuma anda yang memberikan kartu nama. Anda juga nggak perlu ragu untuk meminta kartu namanya. Lebih baik lagi jika setelah bertukar kartu nama, anda membiasakan diri untuk menuliskan tanggal dan tempat pertemuan dengannya di bagian belakang kartu nama.

Tambahkan juga beberapa catatan mengenai topik pembicaraan anda saat itu. Jadi jika suatu saat anda menghubunginya kembali lewat telepon, anda dapat memulai percakapan dengan menyebutkan pertemuan anda di tempat tersebut. Misalnya, “Nama saya……, kita pernah bertemu pada acara… tanggal…” Kemudian sampaikan topik yang waktu itu anda bicarakan berdua. “Bagaimana dengan kelanjutan bisnis barang antik yang kita bicarakan waktu itu...?” Kemudian saat bertemu langsung dengannya cobalah untuk mengembalikan ingatannya pada pertemuan pertama. Misalnya "Anda yang waktu itu pakai baju biru kan..?" Asal tau aja orang biasanya senang jika diingat oleh orang lain. Kalau perlu tunjukkan kartu nama yang telah dia berikan pada anda. Selanjutnya jangan lupa untuk menyimpan semua kartu nama yang telah anda dapatkan. Simpan dengan baik di tempat khusus kartu nama. Jangan sekalipun anda lupa menyimpannya. Karena semakin banyak kartu nama kenalan baru anda, berarti semakin besar pula prospek bisnis anda. Percaya deh jika anda selalu melakukan kontak dengan pemberi kartu nama, anda akan merasakan manfaat bahwa kartu nama tidak sekedar kertas persegi bertuliskan nama orang. Paling tidak kontak yang dilakukan dengan pemberi kartu nama dapat membantu melancarkan bisnis anda.

So, mulai sekarang jangan abaikan kartu nama anda dan kartu nama yang anda dapatkan... (Sumber : Gloria Cyber Ministries)

No comments: